Selasa, 21 April 2009

Belajar Sholat Khusuk - BISIKAN SYETAN DAN KONTINUITAS

Tidak mudah untuk melakukan sholat secara khusuk meskipun mungkin anda sudah tahu caranya. Diperlukan kontinuitas atau istiqomah untuk tetap terus berusaha sholat secara khusuk. Seringkali orang akan putus asa padahal dia baru berlatih satu dua kali saja.

Hal yg paling sulit adalah bagaimana mengontrol pikiran dan hati anda. Untuk itu berlatihlah terus dan berusahalah membedakan mana yg bisikan syetan atau bukan. Terkadang syetan terlalu lihai untuk masuk ke dalam celah hati kita. Sebagai contoh saat anda sedang berlatih sholat khusuk, tanpa anda sadari syetan berbisik di hati anda "Aku telah mampu sholat dg khusuk. Beginikah rasanya?". Banyak sekali lintasan2 di hati dan pikiran anda yg seolah2 itu adalah suara kebenaran. Padahal tak lain tak bukan itu hanyalah tipu daya syetan untuk memenuhi pikiran kita sehingga kita lupa akan esensi sholat itu sendiri. Seolah2 suara itu tak mengarah kepada hal keduniawiaan. Namun sesungguhnya itu pun senjata syetan untuk masuk ke dalam hati kita.

Lantas bagaimanakah agar sholat kita terbebas dari ulah jahil syetan?

Pertama anda harus mengerti dulu dan mengenali berbagai macam bisikan syetan. Gunakanlah hati anda untuk membedakannya. Namun begitu saya akan coba uraikan sedikit tentang bisikan syetan:

1. Bisikan nafsu keduniawian
Ini yg paling sering mengganggu saat kita sedang sholat. Tapi biasanya ini adalah cara syetan mempengaruhi orang yg pengetahuan agamanya masih awam atau belum memiliki iman yg kuat sehingga syetan dapat dg mudah mengontrol hati dan pikirannya. Nafsu keduniawiaan itu adalah segala sesuatu yg berhubungan dg duniawi seperti pekerjaan, benda, atau aktifitas dunia.

2. Bisikan tentang sholat yg tengah kita lakukan.
Di sini syetan seolah menjadi malaikat yg selalu menasehati kita. Dg mengatakan kamu kurang ini kamu kurang itu sehingga hati kita menjadi was2 dan sholat akan menjadi kacau. Konsentrasi anda terpecah oleh bisikan syetan tsb dan anda tak lagi mengerti maksud bacaan sholat yg anda ucapkan.

3. Bisikan takabur.
Ini adalah cara syetan untuk orang2 yg imannya sudah kuat. Syetan tak mampu menggoda dg 2 cara di atas lantas syetan datang dg cara yg lebih halus. Sebagai contoh saat anda memulai sholat, anda telah menabuh genderang perang dg syetan. Nah ketika sholat ternyata 2 jurus yg dilancarkan syetan tak mempan pd anda karena ternyata anda mampu mengosongkan pikiran dan hati dari unsur2 keduniawian. Pada saat inilah balatentara syetan akan datang dg cara yg lebih halus. Apa yg dilakukan syetan? Dia akan membuat anda berkata dalam hati, "Aku telah mampu mengalahkan bisikan syetan dan aku telah dekat sekali dg Tuhanku." Hati2 ini adalah bisikan syetan agar anda menjadi takabur. Kelihatannya anda menang melawan bisikan syetan tapi pada hakekatnya syetan menjadikan dirinya sendiri sebagai obyek (musuh) kita. Padahal itu adalah tipu dayanya.

Oleh karenanya waspadalah dan berusalah mengenali bisikan2 syetan di hati anda agar anda bisa melakukan sholat secara khusuk. Berusalah secara terus-menerus. Ingat kontinuitas atau istiqomah sangat menentukan keberhasilan anda.

Selamat Berjuang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar