Jumat, 03 April 2009

Budidaya Buah Naga

Saat ini budidaya buah naga menjadi trend di kalangan petani kreatif yg bermodal cukup dg mengembangkan jenis hibrida. Di hamparan pantai dari Parangtritis hingga pantai Glagah, jenis hibrida ini dikembangkan sekaligus sbg usaha wisata agro. Begitu juga di dataran tinggi seperti Kaliurang maupun Malang. Pohon ini memberikan prospek yg sangat bagus.

Buah naga merupakan tanaman dari keluarga kaktus, nama latinnya Hylocereus Undatus, berbuah dg warna merah menarik enak dimakan, dapat digunakan utk tanaman hias. Termasuk jenis Cereus, tumbuhan yg kelopak bunganya selalu mekar di malam hari (Night Blooming).

Mestinya sejenis kaktus hidup di daerah panas, namun tanaman ini saat ditemukan di habitat aslinya ternyata berbeda dg jenis kaktus lainnya, tanaman ini hidup merambat di pepohonan yg teduh. Bila batangnya dicabut msh dpt hidup secara epifit. Akar udaranya dpt berfungsi utk menyerap air dan mineral dari udara bebas agar terus hidup. Cara ini mirip dg tanaman
Anggrek.

Ada 9 jenis buah naga yg biasa dibudidayakan namun orang awam membedakannya menjadi 3 jenis berdasarkan warna daging buahnya.

Pembudidayaan sebaiknya dilakukan dg cara organik shg menghasilkan buah sehat yg tak tercemar bahan kimia yg berdampak buruk bagi kesehatan. Bila hanya ingin menanam untuk hiasan dpt ditanam di mana saja, pekarangan, rumah, pinggir jalan, sekolahan, kantor, gedung pemerintahan, ladang, pinggir sawah. Asal tanah gembur ada curah hujan dan dapat sinar matahari, dpt tumbuh subur. Namun bila ingin menanamnya secara komersial maka harus memenuhi syarat khusus agar hasil dpt menguntungkan. Menggiurkan memang mengingat sekilonya berharga 40rb yg putih dan 60rb yg merah. Selain itu dpt juga dipake sbg tanaman penghijauan karena Tanaman ini dapat menahan air secara baik juga dapat tumbuh di lahan kering, lereng terjal dan cuaca yg buruk dapat menahan suhu dari -2 C sd 45 C. Diharapkan dg menanam pohon ini akan berguna utk menjaga kelestarian alam, menjaga kesehatan masyarakat karena buahnya dpt dipakai sbg asupan vitamin C dan B serta zat lain yg baik utk pertumbuhan terutama bagi anak2.

Bagi anda yg tertarik untuk membudidayakan buah naga saya bisa bantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar