Selasa, 28 April 2009

Belajar Sholat Khusuk - JANGAN TERGESA-GESA

Dalam hadis disebutkan Semua yg tergesa-gesa adalah berasal dari syetan. Dan memang benar! Terlebih jika dikaitkan dg sholat khusuk. Sikap tergesa2 akan mengacaukan sholat kita, bukan hanya bacaan sholat yg tak diucapkan dg hati akan tetapi gerakan2 kita pun sangat jauh dari kualitas sholat.

Dg tergesa-gesa maka tidak ada sholat khusuk. Tenangkan hati anda terlebih dahulu saat akan memulai Takbiratul Ihram. Jangan melakukan sholat sementara hati anda diburu untuk segera beraktivitas lagi. Ingat untuk bisa khusuk dalam sholat, anda harus bisa menikmati setiap gerakan dan bacaan dalam sholat anda. Jangan pernah menganggap sholat sbg sebuah kewajiban sebab anda pasti hanya akan asal2an dalam menjalankan sholat yg penting kewajiban telah gugur.

Usahakanlah mencari kenikmatan dalam sholat. Jangan pedulikan panca indera anda. Biarkan hati anda benar2 meresapi dan merasakan lezatnya bersua dg Tuhan. Jika anda mampu melakukannya, insya Allah sholat bukan lagi menjadi beban tapi akan jadi kenikmatan tiada tara yg akan terus anda cari.

Ucapkanlah Allahu Akbar secara pelan dan halus seraya mengangkat kedua tangan, rasakan sehingga hati anda bergetar. Setelah itu bacalah bacaan sholat dg sangat halus tidak perlu tergesa. Anda bisa merasakan kenikmatan itu mulai menjalar ke seluruh tubuh yg bersumber dari hati anda. Pelan namun pasti anda akan terbawa dalam suasana sholat anda. Anda akan merasakan kehadiran Tuhan dalam hati anda. Begitu dekatnya sehingga anda tidak akan berani bergerak selain dari gerakan sholat meski mungkin hanya sekedar menggaruk saja.
Tapi ingat iman seseorang itu selalu naik turun. Untuk itu berusahalah selalu mengingat Allah untuk menjaga hati anda. Hanya dg mengingat Allah maka hati akan menjadi tenang.

Selamat menikmati lezatnya sholat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar